Mengenal Keloid dan Cara Mengatasinya

Cauchy Murtopo

Foto: Wikipedia Foto: Wikipedia Kulit yang mulus dan indah adalah dambaan bagi siapa saja, terutama wanita. Namun, jika Anda mempunyai benjolan pada kulit karena sebelumnya pernah luka, maka akan menganggu penampilan. Benjolan berwarna lebih gelap atau kemerahan setelah sembuh dari luka tersebut adalah keloid.

Keloid dianggap sebagai tumor kulit berserat yang jinak. Keloid tidak beraturan dan peningkatan ukuran progresif. Keloid tidak bisa surut dari waktu ke waktu seperti bekas luka biasa. Keloid biasanya mulai beberapa saat setelah terjadinya cedera. Keloid dapat bermigrasi ke daerah sekitar luka. Sumber dari myhealthtips menyebutkan bahwa baik pria maupun wanita dapat mengembangkan keloid.

Penyebab keloid

Keloid terjadi pada orang-orang tertentu dan pada situasi tertentu. Kemungkinan penyebabnya bisa menjadi perubahan sinyal seluler yang mengontrol proliferasi dan pertumbuhan sel. Keloid biasanya terbentuk di lokasi kerusakan kulit. Kerusakan kulit yang dapat menyebabkan pembentukan keloid termasuk: Jerawat, luka bakar, amputasi, cacar, bedah, tato, gigitan serangga, dan vaksinasi.

Pada beberapa orang keloid…

Lihat pos aslinya 1.082 kata lagi

Dikirimkan di Umum

Tinggalkan komentar